Mavis, Gadis yang Beruntung

(Luigi Capuana)

 

Pak Thomas adalah seorang tukang besi yang memilikoi dua orang putri yang bernama Regina dan Mavis.  Regina terkenal cantik, tetapi sombong. Sedangkan, Mavis dikenal baik hati dan suka menyanyi.

ayah mereka ternyata lebih menyayangi Regina si sulung daripada Mavis. “Regina itu sangat cantik sehingga aku hanya memperbolehkan dia untuk menikah dengan keluarga istana,” demikian Pak Thomas selalu menjelaskan hal itu pada setiap pria yang hendak melamarnya.

Sedangkan pada Mavis, Pak Thomas selalu menjelaskan, “Karena Mavis, tak secantik Regina. aku akan menikahkan dia pada pria pertama yang melamarnya. Calon suaminya bisa berasal dari mana saja!”

Suatu hari, datang seorang pemuda hendak melamar Mavis. Tanpa bertanya apapun, Pak Thomas langsung menerima lamaran itu.Dan pada hari berikutnya, giliran Regina dilamar seseorang yang berpakaian petani, namun semua orang memanggilnya pangeran. “Wah, tentu dia seorang pangeran yang menyamar menjadi seorang petani,” pikir Pak Thomas. Maka, dengan sukacita, Pak Thomas pun langsung menerima lamaran petani itu.

Namun, apa yang terjadi! Ternyata, yang  melamar Mavis itu adalah sepupu raja. Sedangkan yang melamar Regina memang sebenarnya adalah seorang petani. Bukan pangeran yang sedang menyamar menjadi seorang petani. Namun, semua orang memanggilnya dengan pangeran karena pangeran adalah namanya sendiri. ***

 

Kecantikan tidak ada gunanya jika kita berakhlak buruk.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: