Menolong yang Tepat

(La Fontaine)

 

Suatu hari, George bermain di tepi sungai. Byuuuuur! Karena kurang hati-hati, tiba-tiba ia terpeleset jatuh ke dalam sungai yang cukup dalam. Sayang sekali, George  tidak pandai berenang.  Agar tidak tenggelam, George cepat meraih sepotong kayu untuk pegangan sambil berteriak minta tolong, “Toloooong ! ToloooongI” George berteriak-teriak agar ada orang yang menolongnya.

Untunglah kemudian datang Smith, seorang pemuda yang terkenal suka menasihati dan banyak bicara.

“Makanya sudah aku bilang, jangan bermain dekat dengan sungai. Banyak bahayanya,” tegur Smith sambil berdiri di tepi sungai.

“Bila hanyut ke sungai kau akan hanyut terseret arus ke hilir. Kalau kau tak bisa berenang, bagaimana kau bisa menyelamatkan diri?” tambah Smith.

Smith terus bicara dan menasihati George sampai lebih dari setengah jam. George yang sudah kedinginan dan perlu bantuan kemudian berkata, “Terima kasih sekali atas nasehatnya kawan, Tapi, maaf, aku sudah lama mendengar nasihatmu dari tadi. Namun, nasihatmu itu kurang tepat engkau sampaikan di saat aku perlu bantuan nyata segera.” Barulah setelah ditegur seperti itu, Smith pun segera mengangkat george dari sungai.***

 

Sampaikan nasihat pada saat yang tepat. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: