Kisah 1001 Malam

Gua Penuh Emas Berlian

(Kisah 1001 Malam)

 

Pada zaman dulu, ada seorang pemuda baik hati dan rajin bekerja bernama Ali Baba. Suatu hari, ia pergi untuk menebang kayu dengan naik keledainya. Tiba-tiba  di tengah perjalanan, ia melihat gerombolan perampok yang naik kuda menuju sebuah gua. Kuda mereka tampak penuh dengan harta benda hasil curian. Di depan pintu gua, pemimpin perampok itu turun dari kudanya dan mendekati gua yang ditutupi sebuah batu besar.

            “Sesame, buka pintu,” seru pemimpin perampok.

            Dari tempat persembunyiannya, Ali Baba mengintip. Ternyata, seluruh perampok membawa semua barang hasil curiannya masuk ke dalam gua. Setelah menunggu beberapa waktu, batu itu kembali terbuka dan keempat puluh perampok itu pun keluar dari dalam gua.

            “Sesame, tutup pintu,” perintah pemimpin perampok. Dan, pintu batu itu pun tertutup kembali.

            “Setelah  mereka semuanya pergi, baru aku akan masuk ke dalam gua itu,” pikir Ali Baba sambil bersembunyi. Setelah semuanya aman, Ali Baba pun berdiri di depan pintu dan berseru, “Sesame, buka pintu.” Ketika pintu batu itu terbuka, Ali Baba pun masuk. Di sana, ia menemukan begitu banyak emas berlian. “Aku ambil uang emas seperlunya saja.,” kata Ali Baba sambil mengisi karungnya dengan uang emas. “Uang emas ini hanya kupakai sedikit saja. Sebagian besar uang emas ini harus aku bagi-bagikan pada orang-orang miskin dan orang-orang lainnya yang membutuhkan,” kata Ali Baba. Setibanya di kampung, Ali Baba pun membagi-bagikan harta temuannya sampai semua orang kampung memanggilnya Ali Baba sang Dermawan. ***

 

 

Jika mendapat keberuntungan, berbagilah dengan yang lain.

 

%d bloggers like this: