Kekayaan Sementara

(Grimm Bersaudara)

Suatu hari, seorang nelayan miskin berhasil menangkap seekor ikan koki kecil. Tapi, tiba-tiba keanehan terjadi. “Tolong …., tolong ….,  lepaskan aku …., “ tiba-tiba si Ikan Koki kecil itu berseru dengan memelas pada si si Nelayan Miskin. Karena kasihan, si Nelayan Miskin pun segera melepaskan koki itu.

“Kau tidak akan menyesal dengan melepaskan aku,” kata si Ikan Koki dengan senang. “Mulai sekarang kehidupanmu akan berubah. Namun, ingat kau tidak boleh menceritakan kejadian ini pada siapa pun termasuk pada istrimu,” pesan si Ikan Koki sambil pergi berenang ke dasar laut.

Semenjak itu, Nelayan Miskin pun berubah menjadi kaya raya. Gubuknya sudah berubah menjadi sebuah istana yang megah. Anak dan istrinya memakai pakaian maupun perhiasan mewah dan indah.

Karena penasaran, istri si Nelayan Miskin bertanya, “Wahai suamiku dari mana datangnya kekayaan ini semua?” Karena terus-menerus memaksa, akhirnya si Nelayan Miskin menceritakan kejadian tersebut pada istrinya.

Namun, sayangnya istri nelayan itu tidak bisa menjaga rahasia. Ia kemudian menceritakan kejadian itu pada orang-orang sehingga orang-orang pun jadi tahu tenang rahasia ikan koki itu. Karena telah melanggar janjinya, maka tiba-tiba semau kekayaan si nelayan lenyap begitu saja. Nelayan dan keluarganya kini kembali miskin seperti dulu lagi. ***

Jagalah janji dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: