Dongeng Nowergia

BERUANG YANG BODOH

Dulu, semua beruang memiliki ekor panjang. Namun kini, beruang hanya memiliki ekor pendek. Semua cerita ini berawal dari pertemuan beruang yang bodoh dengan seekor rubah licik.

Saat itu, Beruang sedang kelaparan. Ia tak memiliki ikan seekor pun. Di saat kebingungan seperti itu, ia melihat seekor rubah datang dengan membawa ikan yang banyak. Karena tak ingin ikan diminta, Rubah kemudian menasihati Beruang dengan kebohongan.  “Jangan kawatir, kawan. Kalau engkau ingin mendapat ikan yang banyak, aku tahu caranya. Engkau cari saja danau yang permukaan atasnya membeku, sementara di salamnya belum membeku. Engkau tinggal memasukan ujung ekormu ke dalam lubang es itu. Setelah itu, kau tunggu saja samapi ikan-ikannya menggigit ekormu!” Beruang tidak tahu kalau rubah itu sudah membohongi dirinya.

Dengan sabar beruang terus menunggu. Sampai akhirnya musim dingin tiba. Karena sudah musim dingin, tentu saja semua air membeku jadi es. Begitu pula dengan danau tempat beruang memasukkan ekornya ke dalam lubang. Wah si beruang bingung. Karena air danau membeku maka ekornyapun jadi sulit untuk dilepaskan dan ditarik dari lubang

Ugh…Ugh….Denganm sekuat  tenaga. Akhirnya Beruang bisa melepaskan ekornya sudah putus!  Maka sejak itu, ekor beruang pun menjadi pendek. ””

Milikilah ilmu pengetahuan agar terhindar dari tipu daya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: