Pertolongan Rajawali

(Aesop)

 

 

Suatu hari, seorang penebang kayu menemukan rajawali berbulu sangat indah yang terluka. Dengan penuh kasih sayang, si Penebang Kayu mengobati rajawali hingga sembuh. Setelah sembuh si Penebang Kayu pun segera melepaskan rajawali ke tengah hutan.

Suatu saat, si Penebang Kayu sedang mencari kayu di tengah hutan. Setelah bekerja keras sepanjang hari, ia pun duduk dan beristirahat di sebuah batu besar di ujung tebing yang sangat curam. Namun, ketika si Penebang Kayu sedang asyik menyantap makan siangnya. Tiba-tiba, datang rajawali yang pernah ia tolong menyambar topinya.

“Hei, lepaskan! Jangan ambil topiku!” seru si Penebang Kayu sambil mengejar si rajawali ke tengah hutan. Gubrakkk! Ketika si Penebang Kayu pergi meninggalkan batu curam itu, seketika saja batu terguling ke dalam jurang yang sangat dalam.

“Ya Tuhan. Bagaimana kalau tadi aku masih duduk di atas batu itu? Bisa jadi aku ikut terguling ke dasar jurang bersama batu itu.” kata Penebang Kayu bersyukur. Lalu tepat pada saat itu, si rajawali menjatuhkan kembali topi di depan si Penebang Kayu. Setelah itu, ia pun kembali terbang ke tengah hutan.***

 

Tuhan akan membalas kebaikan dengan kebaikan pula.

%d bloggers like this: