Monumen Pojok

Monumen Pojok

Monumen Pojok yang terletak di Dusun Pojok, Sendangagung, Minggir, Sleman, Yogyakarta.

Monumen Pojok yang terletak di Dusun Pojok, Sendangagung, Minggir, Sleman, Yogyakarta.

Sebuah monumen yang berdiri kokoh di depan kecamatan Minggir menjadi salah satu kebanggaan warga masyarakat Sendangagung yang kini mulai dilupakan. Banyak kaum muda yang tidak mengetahui kisah dan sejarah dibalik berdirinya monumen. Melihat letaknya monumen sangat strategis karena berada di Jalan Kebonagung yang selalu tampak dan di depan kantor kecamatan Minggir. Namun letak yang strategis tidak juga menjadi tanda pengingat akan perjalanan sejarah di daerah Kebonagung. Fungsi monumen adalah sebagai tanda pengingat akan sejarah yang telah terjadi yang ingin di beritahukan kepada generasi berikutnya. Dengan melihat monumen orang akan teringat sebuah peristiwa bersejarah, namun tidak dengan Monumen Pojok kebanyakan orang melihatnya sebagai  bangunan biasa yang tidak mempunyai arti apa-apa.

Nama Monumen Pojok berasal dari sebuah peristiwa ketika terjadi perang kemerdekaan tahun 1949. Masyarakat di daerah Kebonagung turut mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang akan direbut kembali oleh Belanda bersama sekutunya. Bentuk perjuangan tersebut dengan partisipasi rakyat yang bergabung menjadi Laskar Rakyat. Peristiwa pertempuran berawal dari diketahuinya markas Tentara Pelajar yang berada di Sendangarum. Merasa terdesak Tentara Pelajar yang berpusat di Sendangarum mundur ke arah barat ke arah Sendangagung. Tentara pelajar bergabung dengan Laskar Rakyat dan Tentara Nasional Indonesia. Bergabungnya Tentara Pelajar, Laskar Rakyat, dan Tentara Nasional membuat pertempuran kembali terjadi tepatnya pada tanggal 2 April 1949. Pertempuran tersebut terjadi di daerah Kebonagung tepatnya di Dusun Pojok. Untuk memperingati peristiwa jiwa keperwiraan masyarakat Sendangagung dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan yang terjadi di Dusun Pojok maka didirikan sebuah monumen yang dikenal dengan nama Monumen Pojok.

Dalam pertempuran tersebut ada beberapa pejuang yang gugur dalam pertempuran yang heroik tersebut. Pejuang yang gugur diabadikan dengan ditulis di monumen. Para kusuma bangsa yang gugur dalam pertempuran adalah :

  1. Masinem
  2. Buas
  3. Niyen
  4. Suroyo
  5. Sosemito
  6. Suropawiro
  7. Mertokariyo
  8. Jokariyo
  9. Udiwiyono
  10. Noryodikromo

Kesepuluh pejuang tersebut ditulis di batu marmer yang terpatri kuat dalam monumen sekuat jiwa dan keperwiraan mereka dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Bentuk dan Relief Monumen Pojok

Monumen berupa tugu yang berbentuk segi empat dan berdiri di atas batur berundak yang berbentuk segi empat pula. Di bagian depan dibuat tangga berundak untuk naik ke bagian tugu. Relief berupa senapan yang bersilangan dengan bambu runcing. Di bagian tengah antara persilangan senapan dengan bambu runcing terdapat topi baja dengan bintang di atasnya. Melihat kondisi fisiknya, Monumen Pojok terkesan tidak terawat.

Ketidakterawatan monumen dapat diartikan sebagai ketidakpedulian pemerintah daerah khususnya pemerintahan tingkat kecamatan dan kelurahan atas sejarah bangsa dan peran serta rakyat dalam memperjuangkan kemerdekaan yang bisa dinikmati oleh generasi sekarang. Bagaimana dengan pejuang, apakah mereka tersenyum melihat generasi sekarang yang hidup makmur mengisi kemerdekaan yang mereka perjuangkan, atau mereka kecewa karena pemerintahan di mana monumen berdiri tidak merawat dan mempedulikan keberadaan monumen, apalagi memperhatikan rakyatnya.

Nama para pejuang yang tertulis di Monumen Pojok.

Nama para pejuang yang tertulis di Monumen Pojok.

1 Comment (+add yours?)

  1. noer1976
    Jan 02, 2014 @ 07:08:50

    baru tau saya kalo itu adalah monumen. makasih atas pengetahuannya, teruskan mas, semoga semua yang membaca tulisan-tulisan anda menjadi bertambah pengetahuannya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: